Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Secara Alami

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Secara Alami
Pernah mengalami susah buang air besar yang diperhalus dengan singkatan BAB? Kalau saya sih pernah, bahkan dulu waktu muda sering karena saya bisa 2 atau 3 hari sekali baru buang air besar. Rasanya memang sangat tidak enak. Lama jongkok, ga keluar-keluar, untuk memaksanya keluar harus mengeluarkan tenaga ekstra dalam bentuk ngeden yang kenceng. Bagitu keluar cuma sedikit, warnanya hitam, keras pula. Kalaupun bisa keluar banyak tempat pembuangannya serasa lecet. Hadehh.. pokoknya serba menjijikkan.

Banyak penyebab susah buang air besar, tapi umumnya adalah karena kurang mengonsumsi serat. Perubahan irama tubuh, seperti begadang juga bisa menyebabkan susah buang air besar. Ada juga faktor psikologi, seperti misalnya berpergian lebih dari satu hari dengan menggunakan bis, biasanya tubuh seperti tahu kalau tuannya sedang bepergian maka rasa untuk BAB pun serasa lenyap. Dan masih banyak fator lain. Cermati saja pada diri anda apa penyebab susah BAB.

Apapun penyebabnya, susah BAB harus diatasi dengan segera karena kalau tidak maka ee' akan semakin mengeras yang berujung akan semakin mengeras. Keserinag susa BAB juga bisa membahayakan tubuh karena mengundang banyak penyakit, mulai dari perut mules, serasa kembung, wasir, varises sampai dengan kanker usus. Bagai mana dengan anda, apakah serings usah BAB. Kalu iya harus segera ditangani, jangan dibiarkan berlarut-larut. OK?

Kalau memang pada dasarnya anda memang susah untuk BAB tanpa ada penyebab yang jelas (kebalikannya ada teman saya, seorang perempuan yang buang air besar sehari 3 kali) maka anda harus ke dokter untuk mengetahu sebab pastinya, dan semoga itu bukan karena penyakit yang serius.

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Secara Alami

Banyak cara sebenarnya untuk bisa mengatasi susah buang air besar baik pada orang dewasa maupun pada anak-anak. Cara yang palin prektis tentu saja dengan berobat. Selain itu, sekarang banyak kok dijual produk-produk yang menjanjikan dapat dengan segera mengatasi susahnya BAB. Tapi bukan itu yang akan saya bahas, melainkan secara alami.

Pertanyannya mengapa harus secara alami? Jawabanya bisa karena tidak ada uang :D atau bsa juga karena cara alami itu lebih aman. Bukannay tidak percaya dengan obat-obatan kimiawi tapi yang jelas keseringan mengonsumsi obat pasti tidak baik bagi tubuh. Disampin itu produk yang dijual bebas di pasaran untuk mengatasi susah BAB juga kita tidak tahu pasti kandungan di dalamnya bukan? Nah amannya adalah denganc ara alami.

Yang sangat perlu dipahami dan diingat adalah BAB sangat berkaitan dengan apa yang disebut serat. apa itu serat dalam makanan itu bagai mana bentuk sebenarnya? He he, bentuknya ya? Saya juga lom nemu dah browsing kemana-mana. Yang jelas serat dibutuhkna oleh tubuh, khusunya usus dalam proses memperlancara BAB. Katanya serat tidak diserap tubuh, doi hanya berguna agar kadar air kotoran yang masih dalam usus tetap terjaga agar kotoran kita tidak membatu sebelum keluar,jalan keluarnya ee menjadi licin, mengurangi bakteri patogen dan bla-bla intinya adalah saat kita ee suasanya bisa menjadi ceria dan tidak menjadi nestapa :P.

Nah ini bagia terakhirnya, makanan apa yang banyak mengandung serat. Sayuran dan buah-buahan. Sederhana sekali bukan dan itu banyak terdapat disekeliling kita. Lalu kenapa sampai kita susa BAB? Siapa yang salah? Ya kita sendiri, karena kita kurang perduli dengan kesehatan, karena kita terlalu bisa menyantap makanan cepat saji, karena kita menganggap sayuran itu tidak lezat di lidah. Betul begitu? Mulai sekarang berjanjilah pada diri anda untuk tidak memuja rasa yang cuma mampir sebentar di lidah. Pikirkan kesehatan jangka panjang. Lihat tetangga anda yang begitu menderita setiap hari karena penyakit wasirnya.

Buah dan sayur untuk mencukupi kebutuhan serat kita juga tidak perlu yang mahal, kalau perlu minta pepaya sama tetangga sebelah yang banyak menanam pojon pepaya alias kates. Untuk pepaya sendiri, saya lah saksi hidup bahwa betapa buah ini sangat manjur untuk mengatasi susah buang air besar. Dulu kalau saya sulit BAB, maka saya langsung makan buah pepaya sebanyak yang saya bisa, dan hasilnya pun sangat cespleng. Semoga para pembaca blog ini adalah orang-orang yang tidak pernah kenal denga yang namanya susah BAB :D