Tahukah Anda Ternyata Kolesterol dapat Mempengaruhi Kesuburan

Semua pasti sudah kenal dengan apa yang sudah disebut kolesterol dan pengaruhnya terhadap kesehatan. Tapi mungkin hanya sedikit yang mengetahui bahwa kolesterol dapat juga berpengaruh terhadap kesuburan. Karena itu waspadalah jika anda pengantin baru dan memiliki kadar kolesterol tinggi karena alamat bisa lama punya buah hati.

Kolesterol dapat dibagi dua yaitu kolesterol HDL dan kolesterol LDL yang merupakan sisa-sisa yang mirip partikel kolesterol. Kolesterol LDL-lah yang menjadi penyebab langsung pengerasan pembuluh darah atau arteriosklerosis. Pengerasan pembuluh darah bisa menyebabkan kurangnya oksigen ke otot jantung karena penyempitan pembuluh darah arteri koroner sehingga bisa mengakibatkan penyakit jantung iskemik hingga kematian mendadak.

Orang yang memiliki kelebihan berat badan memiliki resiko tinggi terkena kolesterol LDL karena penyebab kolesterol ini adalah tingginya kadar lemak dalam darah. Makanya jangan terlalu gemuk ya teman :D walaupun kurus bukan berarti bebas dari permasalahan kolesterol.

Yang mengejutkan, sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa orang yang baru menikah dan salah satu atau keduanya memiliki kolesterol tinggi akan lebih lama mendapatkan momongan dibandingkan pasangan dengan kadar kolesterol rendah.

Belum disebutkan hubungannya secara langsung antara kadar kolestrol tinggi dengan rendahnya tingkat kesuburan sebagai mana hubungan langsung antara kadar kolesterol tinggi dengan penyakit jantung. Hanya saja dari pasangan-pasangan yang telah diteliti, hasilnya adalah pasangan dengan kadar kolesterol tinggi memilki kesuburan yang lebih rendah dari pada pasangan yang tidak. Logis saja tentunya, karena menurut saya ketidaknormalan akan merembet tidak hanya pada satu segi kesehatan, tapi juga akan merembet ke hal lainnya. Setuju? Yang jelas, tingginya kadar koleterol akan mengganggu kesehatan dan fungsi tubuh lainnya.

Makanan merupakan salah satu faktor utama penyebab orang terkena kolesterol. Bukan berarti orang yang terkena kolesterol adalah orang yang suka makan alias rakus, tapi pola makan yang tidak baik adalah salah satu pemicunya. Untuk itu, sebelum terlambat marilah kita jaga pola makan dan pola hidup yang sehat karena menjaga lebih mudah daripada mengobati asal mau disiplin. Rasanya tidak perlu saya jelaskan lagi makanan yang sehat bagi pembaca karena saya yakin sebenarnya pembaca sudah mengetahuinya. Hanya saja, kemampuan untuk menahan diri agar tidak mengonsumsi makanan tidak sehat perlu diterapkan pada diri kita.

Selain menjadi penyebab, beberapa makanan dan minuman ternyata dapat mengendalikan bahkan menurunkan kadar kolesterol. Beberapa makanan dan minuman tersebut di antaranya adalah jeruk, apel, bayam, teh, dan oat.

Setelah membaca artikel saya ini tentu pembaca dapat mengetahui bahaya kolesterol terhadap kesuburan. Jangan sampai menyesal nantinya karena lama menanti kehadiran si buah hati. Cegahlah diri anda dari terkena kolesterol LDL.