Buah Pisang dengan Segudang Manfaatnya


Buah Pisang dengan Segudang Manfaatnya

Siapa sih yang tak kenal buah satu ini. Ya, pisang adalah salah satu buah yang pasti familiar bagi kebanyakan dari kita. Bahkan sedari kecil kita sudah mengenalnya. Buah pisang memang mudah tumbuh di alam tropis Indonesia. Saya pribadi sedari kecil sangat akrab mengenal buah pisang dengan banyak jenisnya, bahkan sampai jenis yang aneh atau tumbunya aneh seperti jantung yang keluar dari batang. Saya akrab dengan buah ini karena dulu waktu kecil saya pernah menjual buah ini di pasar :D

Kita juga mengenal dengan baik jenis buah pisang. Ada Pisang Ambon, kepok, lilin, raja nangka dan lain-lain. Pisang juga dapat diolah menjadi berbagai makanan yang lezat. Semua pasti sudah mengenal pisang goreng bukan? Ada juga pisang kukus dan juga bolu pisang. Singkatnya pisang merupakan buah yang sangat komplit untuk langsung dimakan atau sebagai tambahan. Akan tetapi saking mudahnya pisang didapat, terkdadang pisang sepertinya dinomorduakan, terlebih jika disandingkan dengan buah import. Padahal, buah ini memilki segudang manfaat yang tak kalah dengan buah lainnya.

Berikut beberapa manfaat dari buah pisang:

  1. Pisang mengandung trytophan (sejenis protein). Setelah pisang kita makan maka tubuh kita akan mengubah  trytophan serotonin yang akan membuat tubuh menjadi rileks, meningkatkan rasa mood, juga akan membikin kita lebih bahagia.
  2. Pisang mengandung vitamin B6 yang bisa mengontrol tinkat glukosa darah sehingga membuat suasana hati menjadi lebih nyaman dan selanjutnya dapat mengurangi rasa nyeri pada tubuh.
  3. Mempunyai kandungan zat besi tinggi sehingga bisa merangsang produksi hemoglobin dalam darah dan bisa membantu mengurangi anemia.
  4. Mengandung kalium tinggi serta rendah garam, karena itu bisa menurunkan tekanan darah.
  5. Kandungan potasiumnya bisa meningkatkan daya ingat.
  6. Memiliki kadar serat tinggi sehingga menormalkan masalah sembelit.
  7. Meningkatkan kadar gula darah untuk menghindari mual di pagi hari pada wanita yang tengah hamil.
  8. Kulit pisang bagian dalam bisa menghilangkan iritasi dan bentol akibat gigitan nyamuk.
Banyak sekali manfaat dari buah pisang seperti telah saya tulis di atas bukan. Tapi jangan salah. Masih banyak sekali manfaat lainnya dari buah pisang untuk kesehatan seperti mengenyangkan, baig bagi lambung karena teksturnya yang lembut. Bahkan pisang tertentu memiliki khasiat tertentu pula, seperti pisang berangan yang di kampung saya sangat terkenal untuk mengobati masalah diare.

Setelah mengetahui berbagai ragam manfaat dan khasiat pisang untuk kesehatan kita, maka alangkah baiknya jika kita mengonsumsi buah pisang secaa teratur karena selain mudah didapat, harganyapun relatif murah di bandingkan buah lainnya.