Akhirnya Nowela Menjadi Juara Indonesian Idol 2014


Perjalanan panjang yang berbuah manis bagi dara berdarah papua-batak bernama asli Nowela Mikhelia Elizabeth Auparay karena tadi malam telah dinobatkan sebagai Juara Indonesian Idol 2014 mengalahkan Husein Alatas.

Pada Acara yang bertajuk Result and Reunion Indonesian Idol 2014 dan disiarkan secara langsung oleh RCTI, Nowela dan Husein membawakan beberapa lagu dengan sangat bagus. Acara dibuka dengan nyanyian keroyokan oleh sebelas finaslis Indonesian Idol 2014. Sangat meriah sekali memang acara tadi malam tersebut dan pasti ratingnya sangat tinggi dan membuat manajemen RCTI tersenyum lebar :D

Selain dibuka oleh lagu keroyokan, acara diisi pula oleh penampilan beberapa peserta Indonesian Idol yang unik dan aneh, Tantri “juri” Kotak, dan duet Anang “juri” dengan Virzha “juara ketiga” diiringi alata musik yang saya tidak tahu apa namanya, dimainkan oleh Ahmad “juri” Dhani. Riuh rendahnya suara pendukung Husein dan Nowela yang hanya mereda sebentar lalu riuh lagi, menambah semaraknya acara sampai terkadang suara juri hilang tertelan teriakan penonton.

Saya pribadi sebenarnya lebih menjagoka Husein walaupun saya tidak pernah mengirimkan sms dukungan. Bagi saya Husein lebih memilki ciri khas dan unik dibandingkan Nowela. Jika menyanyikan lagu Indonesia, suara Nowela kedengaran agak aneh di telinga saya. Mungkin banyak orang mengagumi suara Nowela jika menyanyikan lagu berbahasa Inggris karena kedengarannya sangat bagus. Tapi hal itu terjadi mungkin karena kita kurang paham bahasa Iggris dan bisa jadi suara Nowela dengan lagu berbahasa Ingrisnya terasa aneh ditelinga orang Amerika atau Inggris. Siapa yang tahu kan? Semoga saja tidak :)

Secara obyektif, saya berani mengatakan bahwa suara Virzha jauh lebih bagus dari pada suara Nowela dan Husein. Buktinya seorang Ahmad Dhani sangat berminta meminang Husein menjadi penyanyi Band yang dimilikinya. Terhentinya Virzha di Tiga Besar menurut saya karena faktor kepribadiannya yang kurang pas untuk seorang idola. Semoga hal itu dapat membuat Virzha belajar dan memiliki kepribadian yang lebih baik sebagai seorang idola. Itu hanya pendapat saya lho, jadi jangan terlalu diiyakan ya Virzha :)

Ok, apapun hasilnya menurut saya lima besar Indonesian Idol memilki peluang yang besar untuk menjadi salah satu penyanyi top di tanah air tercinta ini dan jangan terburu-buru bermimpi untuk tampil di ajang internasional walaupun beberapa juri mengatakan hal tersebut untuk Nowela. Tinggal perjuangan keras dan tak pernah berhenti serta keberuntungan yang harus dilakukan dan dimiliki oleh kontestan Idol agar mereka dapat eksis di dunia tarik suara Indonesia karena tanpa itu mustahil jika mereka dapat berhasil.

Jangan seperti beberapa Idol sebelumnya yang rekaman pun sepertinya tidak ada atau cuma satu. Jangan hanya penampilan saja nantinya yang dibuat-buat seperti penyanyi tenar bahkan luar negeri tapi prestasi tidak ada dan hanya serta selalu melekat kata “Idol” di belakang namanya. Kalau seperti itu, saya anggap adalah sebuah ketidakberhasilan. Bagi saya keberhasilan Husein atau Nowela atau siapapun adalah jika berhasil membuat rekaman banyak dan meledak atau bahkan bisa mengharumkan nama bangsa lewat dunia bernyanyi. Selamat berjuang!!